Iman Kepada Allah

Iman merupakan sesuatu yang tak Nampak keberadaanya dan dapat kita rasakan adanya. Iman harus ada pada hati seorang muslim, karena iman adalah landasan dan modal utama bagi seorang hamba untuk beribadah kepada Allah SWT. Dalam Agama Islam, bagi seorang hamba hanya terdapat satu sesembahan dan satu Tuhan yaitu Allah SWT.

Iman Kepada Allah

Iman juga memiliki beberapa tingkatan kedudukan, dan iman yang paling tinggi adalah “Laa Ilaha Illallah” yaitu tiada tuhan selain Allah SWT. Dalam pengimanan kepada Allah SWT, seorang hamba harus secara kaffah (menyeluruh) dalam pengabdianya kepada Sang Khaliq. Oleh karena itu haruslah ditanamkan dalam hati seorang muslim mengenai keimanan kepada Allah SWT secara benar. Yaitu :
  1. Rububiyah Allah  SWT : Artinya yaitu kita mengimani bahwa Allah SWT adalah Rabb, Sang pencipta, Penguasa, dan Pengatur segala yang ada di alam semesta ini.
  2. Uluhiyah Allah SWT : Artinya yaitu kita mengimani bahwa Allah SWT adalah illah (Sembahan) yang Haq, sedangkan sembahan yang lain adalah bathil.
  3. Kita mengimani Asma dan Sifat-Nya, artinya bahwa Allah SWT memiliki nama-nama yang maha indah serta sifat-sifat yang maha sempurna dan maha luhur.
  4. Dan kita mengimani keesaan Allah SWT. Dalam hal ini artinya bahwa Allah SWT tiada sesuatu pun yang menjadi sekutu bagi-Nya dalam Rububiyah, Uluhiyah maupun dalam Asma dan Sifat-Nya.

Firman Allah SWT dalam surat Maryam ayat 65 :

“(Dia adalah) Tuhan seluruh langit dan bumi serta semua yang ada diantara keduanya. Maka sembahlah Dia dan berteguh hatilah dalam beribadah kepada-Nya. Adakah kamu mengetahui ada sesuatu yang sama dengan-Nya (yang patut disembah)?”
(Surat Maryam : 65)

0 Response to "Iman Kepada Allah"

Posting Komentar