Kisah dan Sejarah Nabi Adam A.S Part 1

Penciptaan Alam Semesta

“Dialah Allah swt, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu”. (Q.S Al Baqarah : 29).

Cerita Nabi Adam

Setelah Allah swt menciptakan seluruh alam semesta dan mengatur dengan keseimbangan yang sangat luar biasa, Allah swt juga menciptakan bumi beserta semua isinya seperti gunung-gunung, laut-laut, tumbuhan, langit, matahari, bulan, malaikat, dan lainya. Dengan diciptakanya bumi, Allah swt juga menciptakan sejenis makhluk yang akan menghuni dan mengisi bumi dengan memeliharanya, menikmati tumbuh-tumbuhannya, mengelola kekayaanya, dan berkembang biak turun temurun serta waris-mewarisi dengan keturunanya, tentunya sebagai manusia juga harus selalu Belajar tentang Islam agar diridloi oleh Allah swt. Hal ini seperti yang tercantum dalam firman Allah swt yaitu : “Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia menghasilkan dari hujan itu segala buah-buahan sebagai rezeki untukmu, karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah swt, padahal kamu mengetahhui”. (Q.S Al Baqarah : 22)

Kekhuatiran Para Malaikat Terhadap Manusia


Para malaikat ketika diberitahukan oleh Allah swt akan kehendak-Nya menciptakan makhluk lain, mereka khuatir kalau-kalau kehendak Allah swt menciptakan makhluk yang lain itu, disebabkan kelalaian mereka dalam ibadah dan menjalankan tugas atau karena pelanggaran yang mereka lakukan tanpa disadari. Hal ini difirmankan Allah swt dalam (Q.S Al Baqarah : 30) Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat : “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata :”Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau ? “Tuhan berfirman : “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yag tidak kamu ketahui”.

Penciptaan Manusia Pertama

Allah swt Berfirman : “Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu vKami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakana kepada para malaikat : “Bersujudlah kamu kepada Adam”, maka merekapun bersujud kecuali iblis. Dia tidak termasuk mereka yang bersujud. (Q.S Al A’raf : 11).
Dalam hal ini Allah swt memerintahkan kepada malaikat dan iblis untuk Sujud Kepada Adam, sebagai bentuk penghormatan dan bukan sebagai sujud ibadah, karena Allah swt melarang hamba-Nya beribadah kepada sesama makhluk-Nya. Namun demikian, iblis membangkang dan enggan mematuhi perintah Allah swt seperti para malaikat yang lain, yang segera bersujud di hadapan Adam sebagai penghormatan bagi makhluk Allah swt yang akan diberi amanat menguasai bumi. Kisah dan Sejarah Nabi Adam A.S Part 2

0 Response to "Kisah dan Sejarah Nabi Adam A.S Part 1"

Posting Komentar